[REVIEW] Membuat Financial Statement / Bank Reference di BTN



Hi semua!

Kali ini aku akan sharing pengalamanku ketika membuat financial statement di Bank Tabungan Nasional atau disingkat dengan BTN. 

Sebenarnya financial statement itu apa sih? 
Jadi, financial statement atau dikenal juga dengan sebutan bank reference merupakan surat pernyataan resmi yang dikeluarkan dari pihak bank yang berisikan tentang keadaan keuangan kalian saat ini (saldo dalam buku tabungan). 

Terus bedanya sama rekening koran apa?
Financial statement merupakan pernyataan yang disusun dengan format seperti surat, sedangkan rekening koran ini merupakan selembaran kertas yang berisikan transaksi-transaksi yang kalian lakukan. Formatnya kurang lebih seperti yang ada dibuku tabungan kalian, namun lebih detail.

Financial statement ini sering digunakan bagi para siswa/mahasiswa untuk melamar beasiswa ke luar negeri. Selain itu, biasanya ketika seorang siswa/mahasiswa sudah diterima di suatu universitas di luar negeri, mereka harus mempunyai financial statement dengan saldo minimal yang sudah ditetapkan oleh pihak universitas. Tujuannya apa? Ya agar pihak universitas bisa yakin gitu loh, kalau kita punya modal buat sekolah dan tinggal di luar negeri.

Nah, kali ini aku membuat financial statement sebagai salah satu syarat pendaftaran beasiswa di National Cheng Kung University di Taiwan. Minimal saldonya berapa? Sebenarnya gak ada minimal saldo yang diinginkan dari pihak universitas, hanya saja saldo rata-rata yang dibutuhkan yaitu 50 juta rupiah. Tapi sekali lagi, minimal saldo tergantung dari kebijakan masing-masing universitas ya!

Awalnya aku berniat untuk membuat financial statement di BRI, tapi karena waktu itu pegawai BRI pada sibuk ngurusin gaji tentara, mereka menyanggupi financial statement akan selesai dalam kurun waktu minimal satu minggu, lama banget cuy! Dan ternyata untuk membuat financial statement kita harus buat surat pengantar terlebih dahulu. Nah loh, pas dateng ke BRI aku cuma bawa KTP dan buku tabungan doang :")

Yaudah karena jadinya lama kan, akhirnya aku coba ke BTN, tanya apa aja syaratnya, butuh surat pengantar atau nggak, biayanya berapa dan jadinya berapa hari. Di BTN ini prosesnya lebih cepat (2-3 hari kerja) dan biayanya lebih murah (aku lupa biayanya berapa, pokonya antara 80k-100k) dibanding BRI (170k). Seneng dong? Pasti haha! Setelah tanya, akhirnya aku pulang bikin surat pengantar, terus transfer duit dari BRI ke BTN, rempong sih tapi ya mau gimana lagi. Dan yang perlu diperhatikan, pembuatan financial statement hanya bisa dilakukan di bank-bank pusat di kota kalian yaa!

Jadi, yang perlu kalian bawa ketika membuat financial statement:
1. Surat pengantar (beri tujuan yang jelas mengapa ingin membuat financial statement)
2. Buku tabungan (kalau mau bikin di BTN ya pake buku tabungan BTN).
3. KTP, kartu ATM
4. Duit
Untuk poin 2 dan 3, siapkan fotocopy-annya juga ya buat jaga-jaga.

Berikut contoh surat pengantar dan hasil financial statement-ku.



Sekian pengalamanku membuat financial statement, semoga bermanfaat!






You Might Also Like

12 komentar

  1. Halo, mau tanya sehubungan dengan financial statement yg di-request oleh NCKU. Kebetulan sy juga lagi proses utk apply disana via beasiswa, dan salah satu persyaratan administratifnya adalah financial statement ini:

    1. Ini gak bisa diganti sama fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir aj yah? Ribet soalnya musti ke bank
    2. Di NTU, proses aplikasi di tahap ini untuk financial statement-nya bisa diganti sama form aplikasi beasiswa. Kalau di NCKU gak bisa ya?

    Sy sudah coba kirim email ke NCKU menanyakan perihal ini, both in English & Chinese, tapi sampai hari ini masih belum di-reply. Sedangkan yg di NTU sudah di-reply, dan mereka kasih penjelasan kayak di atas. Tapi so far 1st option masih di NCKU sih, soalnya lokasinya di Tainan.

    Btw, boleh share gak kehidupan di Tainan kyk apa? Sub-urban banget gak sih, or even worse? Dari browsing2 kesannya tuh very ancient & historical, close community gt. Benarkah? Dan apakah anak perkotaan bisa betah disana, haha..? Thanks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,
      Ikutin aja persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak kampus. Ngurus financial statement gak ribet kok, toh nanti ketika kamu datang kesini juga banyak banget yang harus diurus dan lebih ribet, jadi anggap aja sebagai pemanasan hehe.
      Coba kirim email ke: em50951@email.ncku.edu.tw. Menurut pengalaman sih setiap aku kirim email, pasti dibalas meskipun kadang slow respon.

      Tainan emang bukan kota yang besar sih, tapi kamu pasti betah kok tinggal disini. Penduduk sekitarnya super ramah, tinggal gimana aja kamunya bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

      Delete
  2. halo, kak saya mau tanya nih proses pembuatan financial statement itu butuh waktu berapa lama?? butuh smpe berhari - hari gk y??

    ReplyDelete
  3. Hi, untuk lama proses pembuatan bank reference tergantung sama banknya sih. Bisa 3 hari atau bahkan 1 minggu, jadi lebih baik ditanyakan dulu ke CS nya.

    ReplyDelete
  4. kak kalau menggunakan rekening orang tua apa bisa ? terus pengantarnya seperti apa trims

    ReplyDelete
  5. Hi. Boleh atau nggaknya tergantung sama pihak kampus masing-masing ya. Sepengetahuanku, kalau di NCKU bisa menggunakan rekening wali. Mungkin bisa dicek di web masing-masing univ untuk info lebih detailnya.

    Untuk surat pengantar,bisa ditulis nama wali, alamat, no. KTP, no. Rekening, relasinya dengan anda, tujuan pembuatan referensi bank.
    Tapi perlu diingat ya,masing-masing bank biasanya punya format sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  6. halo, apakah setelah surat bank reference sudah terbit duitnya bisa di ambil lagi? atau kah duitnya sebagai jaminan bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Jujur aja aku dan temen-temenku langsung balikin duit setelah bank reference-nya jadi hehe.

      Delete
  7. Kak, mau tanya.
    Itu suratnya dalam bentuk bahasa inggris dibuatkan langsung dari banknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Iya kak, bilang aja minta bank reference dalam bahasa inggris.

      Delete
  8. Halo Kak Mila.

    Terima kasih banyak ya sudah buat postingan ini :')
    Aku sangat terbantu karena sekarang sedang persiapkan dokumen juga untuk daftar ke NCKU & Taiwan ICDF.

    Kalau rekening bukan atas nama applicant kan harus menyertakan declaration yang ditandatangani sponsor ya Kak. Nah apakah si declaration ini harus dilegalisir sampai ke TETO juga?

    ReplyDelete
  9. Halo kak, klo uang nya kurang dri 50 juta apakah bisa kak?

    ReplyDelete