National Cheng Kung University Admission (Pendaftaran di NCKU)

Assalamu'alaikum readers!

Di postingan kali ini aku ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana proses pendaftaran perkuliahan dan beasiswa di National Cheng Kung University, Taiwan. Nah, sebelum masuk ke inti bahasan, aku ingin bercerita sedikit mengenai National Cheng Kung University.



Jadi, National Cheng Kung University atau lebih mudahnya disebut NCKU merupakan salah satu universitas yang terletak di Taiwan atau lebih tepatnya berada di kota Tainan. Menurut beberapa situs, NCKU menduduki posisi 250 besar universitas terbaik di dunia, dan menduduki posisi 5 besar universitas terbaik se-Taiwan. Keren gak tuh? Siapa coba yang gak mau melanjutkan studinya dan dapetin beasiswa di kampus keren seperti NCKU?

Bicara mengenai cara pendaftaran beasiswa di NCKU, sebenarnya mudah kok, gak ribet. Sama halnya dengan universitas-universitas lainnya di Taiwan, proses penyeleksian beasiswa hanya dilakukan melalui seleksi dokumen. Jadi gak ada tes tulis, tes wawancara, atau tes-tes lainnya.

Perlu kalian ketahui, pada umumnya beberapa universitas di Taiwan membuka pendaftaran beasiswa sebanyak 2 kali dalam setahun. Di NCKU sendiri, pendaftaran kuliah dan beasiswa dilakukan secara bersamaan. Jadi, kalau kalian belum dapat beasiswa dari pemerintah Indonesia (DIKTI), MOST, MOE, atau ICDF, gak usah khawatir, kalian bisa langsung mendaftar beasiswa "NCKU Distinguished International Student Scholarship" saat pendaftaran kuliah.

Application Period:
10 Januari - 30 Maret (FALL) 
10 Juli - 10 Oktober (SPRING)

Admission Web:

Required Documents:
1. Diploma
Kalau semisal kalian belum mendapatkan ijazah karena belum wisuda, kalian bisa kok menggantinya dengan Surat Keterangan Lulus dalam bahasa inggris. Tapi perlu diingat bahwa kalian harus konfirmasi melalui email (em50951@email.ncku.edu.tw) dan bilang kalau kalian bakalan mengirim ijazah secepatnya.
2. Declaration Form
3. Transcript
Oh ya, untuk transkrip dan ijazah, gakpapa kok kalau gak ada cap TETO. Menurutku jauh lebih baik kalau kalian minta cap TETO ketika kalian sudah fix keterima di NCKU, biar gak buang-buang duit hehe.
4. Two Letters of Recommendation
Untuk surat rekomendasi, kalian bisa minta ke dosen-dosen yang dekat dengan kalian, dosen pembimbing misalnya. Kenapa harus dosen yang dekat dengan kalian? Karena nanti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang berhubungan dengan kepribadian kalian, jadi kalau kalian minta ke dosen yang gak dekat sama kalian, kan mereka jadi bingung mau jawab apa hehe. Dan perlu diperhatikan, jangan minta surat rekomendasi dadakan, karena kesannya kita ngasih tugas ke dosen dan deadlinenya mepet banget.
5. Study Plan
6. Autobiography
7. Financial Statement
Untuk financial statement sebenarnya pihak NCKU meminta minimal saldo rekening sebesar NT$150,000 (US$4,935), tapi saat daftar aku hanya mencantumkan saldo sebesar IDR 50 juta, bahkan temanku ada yang hanya mencantumkan IDR 30 juta. Tapi kami sama-sama lolos, alhamdulillah. Jadi intinya, financial statement ini hanya digunakan sebagai jaminan kalau kalian punya modal untuk hidup di Taiwan selama beberapa bulan, karena biasanya beasiswa akan diberikan beberapa bulan setelah kalian tiba disini. Cara buat financial statement gimana? Kalian bisa cek [DISINI]
8. Additional requirements and documents by department/institutes
9. Identity card and/or Passport
10. Academic thesis (for Phd student)
11. Remittance Receipt
Perlu diketahui bahwa kalian perlu membayar biaya pendaftaran sebesar NT$1,600 / US$60. Biar lebih mudah, kalian bisa minta tolong senior-senior kalian di NCKU untuk membantu kalian membayar biaya pendaftarannya :)
12. Other documents
Bisa kalian upload sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS, CV, sertifikat-sertifikat pendukung lainnya.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai dokumen-dokumen yang dibuthkan, kalian bisa cek [DISINI].

Nah, jadi tahapan untuk mendaftar kuliah dan beasiswa di NCKU adalah sebagai berikut:
1. Buat akun di https://admissions.oia.ncku.edu.tw/
2. Isi aplikasi online
3. Bayar biaya pendaftaran
4. Upload bukti pembayaran pendaftaran dan dokumen-dokumen yang sudah aku sebutin diatas
5. Dapat nomor pendaftaran
5. Tunggu hasil pengumuman


So, semangat buat kalian para pejuang pencari beasiswa. Selamat berjuang!




You Might Also Like

8 komentar

  1. Assalamualaikum, jika sudah mendapatkan nomor pendaftaran jarak dari waktu pendaftaran dan pengumuman kira2 berapa lama ya? Terima kasih banyak dan selamat atas keberhasilan kamu untuk masuk NCKU semoga sukses disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Bisa cek di https://admissions.oia.ncku.edu.tw/doc/view/sn/16/admission/1 yaa. Pengumuman untuk fall tanggal 20 Mei. Makasih

      Delete
  2. Apakah ada syarat minimum score toefl ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak, bisa cek disini ya https://admissions.oia.ncku.edu.tw/college/open.programs bagian Admission Requirements of Dept./ Inst.

      Delete
  3. kalo untuk beasiswa S1 ad ga dari universitas chenkung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Untuk informasi beasiswa undergraduate (S1) bisa cek di link ini yaa: https://admissions.oia.ncku.edu.tw/doc/view/sn/8
      Dan untuk program studi yanv membuka kelas dalam bahasa inggris bisa cek disini: https://admissions.oia.ncku.edu.tw/doc/view/sn/27

      Delete
  4. Kalau misalnya masih kelas 12 cara daftar nya gimana kak?

    ReplyDelete
  5. Kalau misalnya masih kelas 12 cara daftar nya gimana kak?

    ReplyDelete