[REVIEW] How is Living in Tainan, Taiwan (Part 2 - Biaya Hidup)

Assalamu'alaikum readers!

Di postingan kali ini aku akan membagikan estimasi biaya hidup di Tainan berdasarkan pengalamanku sebagai mahasiswa NCKU selama hampir dua tahun. Sebenarnya kalau kita berbicara masalah keuangan, semua bergantung dari bagaimana gaya hidup kita. Mau hemat? Bisa banget. Mau berfoya-foya? Bisa juga sih, asalkan kalian punya pemasukan yang mengalir deras.


Selama aku tinggal di Taiwan, alhamdulillah aku bisa hidup secara mandiri, dalam artian aku tidak butuh uang tambahan dari orang tua. Bahkan aku masih bisa menabung dari uang beasiswa dan juga gaji lab 😄 Kalau kalian bertanya gaya hidup mana yang aku terapkan? Aku akan menjawab, gaya hidup yang pas-pasan. Dibilang hemat, nggak juga, dibilang hedon juga gak sama sekali. Sebelum aku menjelaskan secara detail, kalian bisa cek pemasukan dan pengeluaranku dalam satu bulan berikut:

1. Pemasukan:
a. Beasiswa master NCKU: 5000 NTD
b. Gaji lab: 6000 NTD
Total pemasukan: 11000 NTD

2. Pengeluaran:
a. Biaya apartemen, listrik, dan air: 3000 NTD
b. Biaya asuransi kesehatan (NHI): 850 NTD (sekitar 5000 NTD/semester)
c. Biaya makan dan jajan: 1500-2500 NTD
d. Biaya transportasi: 0 NTD
e. Biaya lainnya: 1000-1500 NTD
Total pengeluaran: 6350-7350 NTD

3. Sisa tabungan: ± 3000 NTD

1. Pemasukan
Sebenarnya aku juga berkesempatan mendapatkan Sinopac Scholarship sebesar 60.000 NTD selama setahun. Namun, aku tidak memasukkan ke dalam list pemasukan karena bisa kalian lihat sendiri, tanpa adanya beasiswa tambahan, aku masih bisa bertahan hidup di sini. Untuk gaji lab, seperti yang sudah aku jelaskan di postingan sebelumnya, bergantung dari jurusan dan juga advisor kalian. Di jurusanku sendiri, gaji yang didapatkan tiap lab berbeda, mulai dari 3000-6000 NTD, atau bahkan lebih. Sedangkan di beberapa jurusan seperti IMBA misalnya, mereka tidak mendapatkan gaji tambahan dari advisor mereka. Jadi, sekali lagi, pastikan bahwa kalian bisa mendapatkan gaji dari advisor, jika kalian tidak mau kerja part time dan mau hidup mandiri.

2. Pengeluaran
a. Biaya apartemen, listrik, dan air
Selama ini aku hidup di apartemen bersama empat temanku. Biaya apartemennya sendiri sebesar 12.000 NTD per bulan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Kemudian untuk biaya listrik dan air dengan penggunaan yang gak hemat-hemat banget, pengeluarannya kurang lebih 3500-4000 NTD per dua bulan.
b. Biaya makan dan jajan
Karena aku tinggal di apartemen, maka biaya makan ini sangat berpengaruh terhadap pengeluaran kita. Sebagai pandangan kalian, setiap dua minggu sekali, aku dan teman-temanku selalu ke pasar untuk membeli bahan makanan (ayam, ikan, sayur, telur, dll), dan hanya mengeluarkan uang sebesar 200-250 NTD per orang. Untuk beras, minyak, dan bahan pendamping lainnya (saos, bumbu, dll), hanya menghabiskan uang sekitar 500-1000 NTD perbulannya. Sedangkan kalau kalian beli katering, untuk makan dua kali sehari, kalian bisa menghabiskan 3000 NTD (50 x 2 x 30 hari).
Bisa kalian bayangkan perbedaannya kan? Estimasi pengeluaran untuk makan selama sebulanku hanya sebesar 1500 NTD. Sedangkan sisanya untuk beli jajan, bubble milk tea, atau biasanya beli hotpot, dsb. Gak heran kalau sebagian temanku bilang kalau aku sering jajan, ya karena biaya makan kita sangat minim 😅
c. Biaya transportasi
Biaya transportasi 0 NTD karena aku menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk pergi ke kampus. Sepeda ini bisa kalian dapatkan secara gratis dari pihak kampus.
d. Biaya lainnya
Biaya lainnya yang aku maksudkan di sini adalah biaya untuk membeli kebutuhan bulanan seperti sabun, sampo, dll.

Jadi, bagaimana? Biaya hidup di Tainan ini gak jauh beda kok dari biaya hidup di Jakarta. Tinggal bagaimana cara kalian mengatur pemasukan dan pengeluaran. Semoga bermanfaat~

You Might Also Like

0 komentar