Syarat-syarat Pembuatan dan Perpanjangan ARC Taiwan

Assalamu'alaikum readers!
Kali ini aku mau berbagi info mengenai apa aja sih yang perlu kita bawa saat membuat atau memperpanjang ARC.


Sebelum masuk ke inti bahasan, disini aku mau membahas apa itu ARC.
Jadi ARC (Alien Resident Certificate) itu merupakan kartu identitas semacam KTP sementara yang dibutuhkan para penduduk asing untuk tinggal di Taiwan selama 1 hingga 3 tahun. Nah, jika setelah 1-3 tahun kalian masih ingin tinggal di Taiwan, kalian harus memperpanjang ARC kalian sebelum masa berlakunya habis. Pembuatan ARC ini cukup mudah kok, asalkan kalian sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Syarat pembuatan ARC baru:
1. Application form. Bisa kalian download di web INI atau bisa langsung kalian dapatkan saat di kantor imigrasi setempat.
2. Passpor dengan syarat Resident Visa. ARC dengan Resident Visa akan berlaku selama 1 tahun.  Lalu bagaimana kalo kalian datang ke Taiwan hanya dengan membawa Visitor Visa? Kalian harus mengurus pembuatan Resident Visa di Taiwan yaa.
3. Dokumen pendukung. Dalam hal ini, apabila kalian merupakan mahasiswa yang akan sekolah di Taiwan, maka kalian perlu menunjukkan bukti seperti LoA (Letter of Acceptance) atau enrollment certificate, serta bukti pembayaran kuliah yang telah distempel oleh pihak kampus (jika kalian mendapatkan beasiswa, kalian bisa melampirkan bukti pembayaran asuransi kesehatan). Untuk di kantor imigrasi Tainan, jika kalian hanya membawa dokumen tanpa meminta stempel dari pihak kampus, maka kalian akan mendapatkan ARC sementara yang hanya berlaku selama 6 bulan.
4. Foto terbaru 2 x 2 inchi dan berwarna
5. Biaya pembuatan: NTD 1000 berlaku untuk satu tahun

Perlu diperhatikan bahwa kalian wajib membuat ARC maksimal 15 hari setelah kedatangan kalian di Taiwan, dan kalian perlu membawa dokumen asli dan fotokopi. Pembuatan ARC ini akan selesai dalam waktu 10 hingga 14 hari.

Kemudian, bagaimana cara mengambil ARC yang telah jadi? Jadi terdapat dua opsi, yang pertama kalian bisa mengambil ke kantor imigrasi, dan yang kedua kalian bisa meminta pihak imigrasi untuk mengirim ARC ke alamat rumah atau apartemen kalian. Kalian bisa membeli amplop di kantor imigrasi dan satu amplop bisa untuk beberapa ARC. Menurut pengalamanku saat mengurus pembuatan ARC di kantor imigrasi Tainan, biaya pengiriman ARC sekitar 30 NTD.

Syarat perpanjangan ARC:
1. Application form. Form yang digunakan sama seperti pembuatan ARC baru.
2. ARC lama dan passpor
3. Dokumen pendukung
4. Foto terbaru 2 x 2 inchi dan berwarna
5. Biaya pembuatan: NTD 1000 berlaku untuk satu tahun

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa kunjungi web imigrasi Taiwan:
www.immigration.gov.tw

Sekian dari aku, semoga bermanfaat!

You Might Also Like

1 komentar

  1. 1000nt untuk masa 1 tahun saja. Berarti kalau masa 3 tahun bayarnya 3000nt ya kak?
    Apakah ada informasi terbaru tahun 2022 tentang perpanjangan passpor secara mandiri kak?
    Terimakasih

    ReplyDelete