[REVIEW] Tes TOEFL ITP di INBIS Universitas Brawijaya

Assalamu'alaikum semuanya!

Yap! setelah sekian lama nganggurin blog, akhirnya aku nyempetin buat nulis di tengah-tengah penantian jadwal Seminar Hasil yang tak kunjung keluar *hiks *sedih *nasibmahasiswasemestertua

Buat kalian-kalian yang udah semester tua dan kebetulan kuliah di Univesitas Brawijaya, pasti banyak yang cari info tes TOEFL di INBIS kan? Nah, kali ini aku bakal share pengalaman tes TOEFL di INBIS yang aku lakukan beberapa bulan yang lalu. Selamat membaca!~

Jadi, salah satu syarat untuk mendaftar wisuda di Universitas Brawijaya adalah dengan mengikuti tes TOEFL ITP yang diadakan oleh UB sendiri. Karena aku kebetulan mahasiswa semester 7 dan bermimpi buat lulus 3,5 tahun tapi gak kesampean *hiks*, aku sama temen-temen aku bertekad buat daftar tes TOEFL di INBIS awal bulan November. Waktu itu sih ngiranya tes bakal dilaksanain 1-2 bulan kedepan, karena banyak banget desas-desus kalau daftar tes TOEFL ini harus ngantri berbulan-bulan. Tapi waktu giliranku, tesnya dilaksanakan tanggal 29 November. Jadi pelaksanaan tes ini tergantung dari banyaknya peserta yang daftar. Kalau pas rame ya bakalan nunggu 1 bulanan, maybe?

⇒ Cara daftarnya gimana? Kalian tinggal dateng aja ke INBIS, terus menuju tempat pendaftaran yang ada di lantai 1. 
⇒ Tempat pendaftarannya dimananya sih? Dari pintu masuk, kalian lurus aja mentok, nah, disitu tempat pendaftaran tes TOEFLnya.
⇒ Apa aja yang perlu dibawa waktu daftar? Bawa bolpen aja buat nulis data diri, kayak nama, nim, email, no.hp dll. Nanti kalian bakalan registrasi di buku dan di komputer. Cuman sistem yang baru sekarang kayaknya udah bisa daftar online ya? Cuman aku gaktau gimana prosedurnya hehe.

Nah, setelah daftar, nanti kalian bakalan dapet sms dan email tentang tanggal, waktu pelaksanaan, dan daftar peserta tes TOEFL. Jadi, dalam 1 hari bakalan ada 2 sesi, yaitu sesi I (Pukul 07.30-10.30), dan sesi II (Pukul 11.30-14.30). Tiap sesi kuota pesertanya adalah 200 orang, dan bakalan dibagi menjadi 4 kelas yang berbeda.

Waktu hari H gimana? Jadi karena aku dapet sesi II, dimana sesi II adalah sesi jam ngantuk, jam lapar dan jam lelah *lebay haha* aku kasih saran buat kalian buat makan siang dulu, sholat dulu, karena jam 11.30 itu kalian masih bakal nunggu lama. Kalian wajib hadir 30 menit sebelum jam 11.30 buat absen dulu di lt.1, trus masih nunggu kelasnya boleh dimasukin, ini lama banget, seingatku nunggunya 30 - 60 menitan. Setelah kalian masuk di kelas masing-masing, masih nunggu lagi 30 menitan. Gakpapa ya, hitung-hitung latihan nunggu dosen pembimbing haha. Nah, udah capek nunggu kan? Sekarang giliran capek mikir ngerjain soal-soalnya hihi~. 

Kalian udah tau kan tes TOEFL ada berapa sesi? Yap! ada 3 sesi, sesi listening, structure sama reading. Gunakan waktumu sebaik mungkin. Semua jawaban wajib diisi! Soalnya, kata mba-mbanya kalo ada 1 aja nomer yang gak diisi, nomer-nomer di bawah nomer yang gak diisi bakalan gak kebaca, alias kosong, alias percuma kalian ngerjain.

Oh ya, saat pelaksanaan tes, tas, hp dan barang-barang yang gak penting wajib di taruh di depan kelas. Dan yang bawa HP, alangkah baiknya HP nya dimatiin! karena HP bunyi itu mengganggu konsentrasi banget, apalagi kalau bunyinya pas sesi listening hhh.

Nah, kalau udah selesai tesnya, kalian bisa ngambil hasil tes TOEFLnya 8 minggu setelah tes. Dimana? Kalau aku sih ngambilnya di Dekanat Fakultas aku.

Jadi, kalau kalian dapet skor diatas 460 kalian bakalan dapet sertifikat tes TOEFL, tapi kalau skor kalian dibawah 460 kalian cuma dapet rincian hasil tesnya aja. Alhamdulillah aku berhasil dapetin sertifikat meskipun dengan nilai yang pas-pasan 😌 So, buat kalian yang mau ngambil tes, persiapkan tes ini dengan sebaik mungkin, mumpung tidak dipungut biaya! Fighting!





Sekian review tidak jelas dari aku, semoga bermanfaat hehe. Bye-bye~~

You Might Also Like

16 komentar

  1. min,, mw nanya nih pengalaman saat tes,, boleh via email ndak?

    ReplyDelete
  2. Ini minta sertifnya langsung dateng ke inbis aja?

    ReplyDelete
  3. Hai kak, nanya donk. Jadi kalo nilai bawah 460, dapatnya Score Report yang kuning dan Score Slip yang pink kecil saja, gitu kah?
    karena Sertifikat hanya untuk diatas 460. Bener begitu apa gimana?
    Aku ga mudeng waktu kakak tulis

    "....tapi kalau skor kalian dibawah 460 kalian cuma dapet rincian hasil tesnya aja."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Kalau score dibawah 460 cuma dapat Score report yang pink dan kuning, tanpa sertifikat

      Delete
  4. Kalau nilainya pas 460 dapat kah ?

    ReplyDelete
  5. Anjay lama banget 8 minggu cuma buat tau scorenya

    ReplyDelete
  6. Buat mahasiswa non UB bolehkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok kak. Langsung datang ke INBIS UB saja.

      Delete
  7. pas listening nya gimana mb? Aku baru kemarin ikut, pas listening hampir gak bisa denger jelas, speaker terlalu ngebass + suara org kerja di luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kemarin waktu saya tes, suasananya kondusif hehe.

      Delete
  8. Mahasiswa ub gratis kah? Atau berbayar?

    ReplyDelete
  9. semua prodi di UB wajib lulus toefl ya agar bisa lulus kuliah? atau hanya beberapa prodi saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya TOEFL adalah salah satu syarat kelulusan UB. Untuk lebih validnya bisa coba tanya ke staf masing-masing jurusan/fakultas yaa

      Delete
  10. Untuk mahasiswa pasca UB biaya nya berapa ya kak?

    ReplyDelete