Weekend Astrofotografi 2015

Weekend Astrofotografi 2015, merupakan serangkain acara yang diusung penulis terkenal Agus Mustofa beserta timnya yang mengangkat tema “Mencari Solusi Hisab Rukyat melalui Teknologi Astrofotgrafi”. Kali ini, Agus Mustofa bekerjasama dengan Universitas Brawijaya dalam  menghelat acara ini. Acara yang sukses digelar pada 11-12 September lalu, memiliki tiga serangkaian acara, diantaranya seminar nasional (11 September), pameran teleskop  (11-12 September), serta astrophoto contest (12 September).

Keynote oleh Rektor UB


Acara yang diketuai oleh Bapak Muhammad Fauzan Edi Purnomo ini sukses mendatangkan 253 peserta seminar dalam berbagai kalangan. Mulai dari siswa, mahasiswa, dosen, hingga para profesional dari berbagai daerah. Acara dibuka pukul 8 pagi, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Pelaksana, Bapak Fauzan, dan disambung keynote speech oleh Rektor UB, Bapak Bisri, sekaligus menjadi tanda pembukaan acara Weekend Astrofotografi 2015 secara resmi dan diiringi peluncuran beberapa roket oleh perwakilan mahasiswa TEUB. Selanjutnya, Rektor dan peserta seminar mengelilingi area pameran untuk melihat demo peralatan astrofotografi dan juga pameran hasil karya mahasiswa TEUB (Robotik, Aeuronotik dan Mikrokontroller) serta dekorasi dari mahasiswa Arsitek UB yang tidak kalah mengagumkan.

Pameran Robotik TEUB

Foto Bersama Peserta Seminar Astrofotografi 2015

Dalam seminar kali ini, panitia berhasil menggandeng Hendro Setyanto (Astronomi ITB, Kepala Litbang Lajnah Falakiyah PBNU), AR Sugeng Riyadi (Kepala Observatorium CASA, Solo), Tono Saksono (Tim Ahli Falak Majelis Tarjih PP Muhammadiyah) serta Agus Mustofa sendiri selaku inisator astrofotografi Indonesia. Seminar Nasional ini berlangsung mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore. Dan pada malam hari, sekitar pukul 8, diadakan demo alat astrofotografi untuk melihat benda-benda langit di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Antusiasme kalangan masyarakat dalam mengikuti Astrophoto Contest juga tak kalah heboh, puluhan foto berhasil dikumpulkan hanya dalam beberapa hari saja. Pada hari kedua Weekend Astrofotografi ini, tiga pemenang lomba Astrophoto Contest diumumkan. Tepat pukul 12 siang, tim juri dari Jawa Pos mengumumkan siapa saja yang menjadi pemenang dalam perlombaan kali ini. Karya favorit berhasil diraih oleh karya yang berjudul Candi Ijo, Karya Inovatif berhasil diraih oleh karya yang berjudul Rukyatul Hilal dan Karya Terbaik diraih oleh karya yang berjudul Camping with Milky.

Camping with Milky


Rukyatul Hilal 

Candi Ijo

Serangkaian acara telah dilaksanakan, pukul 12.30, Agus Mustofa secara resmi menutup acara Weekend Astrofotografi 2015.

Foto Bersama Panitia Weekend Astrofotografi 2015








You Might Also Like

0 komentar